• Jam Buka Toko: Jam 08.00 s/d 20.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 08179300677
  • SMS/WA: 08179300677
  • BBM : DD996E65
  • tokokurmaindonesia@gmail.com
Terpopuler:

Buka Puasa dengan Kurma

18 May 2018 - Kategori Blog

Alhamdulillah, kita telah memasuki bulan Ramadhan tahun ini. Tentu saja ini merupakan nikmat yang begitu besar yang Allah berikan kepada kita. Karena tidak semua orang yang tahun lalu bisa mengikuti ibadah Ramadhan lalu pada tahun ini bisa melaksanakannya lagi. Karena kesempatan beribadah di bulan Ramadhan merupakan keistimewaan yang didamba oleh setiap insan yang beriman.

Pengunjung setia situs Toko Kurma Indonesia, sudahkah anda membeli kurma untuk berbuka dan sahur? Bila belum, silakan order di toko kami sebelum kehabisan ya. Karena ternyata dalam sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam ada anjuran untuk buka puasa dengan kurma.

Hadits tersebut diriwayatkan oleh sahabat Anas radhiyallahu ‘anhu (lafadznya):

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ، فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَعَلَى تَمَرَاتٍ، فَإِنْ لَمْ يَجِدْ تَمَرَاتٍ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi waSallam berbuka dengan menggunakan beberapa ruthab (kurma basah) sebelum shalat (Maghrib). Jika tidak mendapatkan, beliau berbuka dengan menggunakan beberapa tamr (kurma kering). Jika tidak mendapatkan kurma, beliau meminum air beberapa teguk.”

Perbedaan Ruthab dengan Tamr

Ruthab adalah kurma yang segar, masih berair, dan lembut. Pada masa dahulu, ruthab hanya bisa didapatkan pada musim-musim tertentu saja. Adapun pada masa ini, kita bisa memperoleh ruthab setiap saat, alhamdulillah. Ruthab dalam kondisi yang segar seperti ini di tengah masyarakat Arab dimakan sebagai buah.

Sedangkan tamr adalah kurma kering, yang sudah menyusut kadar airnya. Kondisi kurma kering inilah yang biasanya diperjualbelikan dalam kemasan-kemasan. Tamr di tengah masyarakat Arab biasa disimpan dalam waktu yang cukup lama sebagai makanan pokok mereka. Selain dalam bentuk butiran-butiran tersendiri, biisa pula tamr tersebut disimpan dengan memadatkannya dalam sebuah wadah. Kurma yang dipadatkan hingga melengket satu sama lain ini disebut al-mujabban.

Sunnah dalam Berbuka Puasa

Dari hadits di atas, kita bisa membaca contoh dari Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam ketika berbuka. Urutan pilihan beliau adalah ruthab (kurma basah), kemudian tamr (kurma kering), baru kemudian air putih. Masya Allah, ternyata demikianlah sunnah dalam memilih makanan sewaktu berbuka, sederhana dan tidak mewah. Memang beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah hamba yang sangat bersyukur dalam kesederhanaan kehidupan beliau.

Pembaca, di sini kita bisa melihat sangat berbeda halnya dengan kebiasaan manusia di masa kita sekarang. Pada umumnya, bila menjelang waktu berbuka puasa, kita sudah menyiapkan berbagai macam makanan. Mulai dari kue-kue, gorengan dengan berbagai macamnya, es buah, dan yang lainnya. Mewah sekali kita ini yah. Tapi seringkali kita justru melupakan sesuatu yang dicontohkan oleh Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Pilih Es Sirup atau Air Putih?

Bila melihat urutan sunnah berbuka dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam di atas, kita pahami bahwa urutan pertama dan kedua adalah ruthab kemudian tamr. Lalu bagaimana jika tidak ada dua-duanya? Yang ada di depan kita hanya makanan-makanan ringan, air putih, dan es sirup misalnya. Apakah kita bisa mendahulukan es sirup dari air putih? Jawabannya, ternyata yang disunnahkan adalah minum air putih terlebih dahulu, karena ini adalah pilihan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Rasulullah bersabda:

فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَعَلَى مَاءٍ فَإِنَّهُ طَهُوْرٌ

“Apabila tidak mendapati (kurma kering) maka berbuka dengan air, karena air itu adalah thahur (alat untuk bersuci).”

Nah, sudah jelas ya sekarang, sunnah dalam memilih makanan ketika berbuka. Supaya kita tidak pusing-pusing lagi kesana kemari mencari makanan atau sering disebut ngabuburit. Cukup kita sediakan kurma dan makanan sekedarnya, kita bisa mendapatkan nilai lebih dalam ibadah puasa kita.

Insya Allah di toko kami selalu tersedia kurma untuk anda. Silakan dipesan segera ya.

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *